My Search Engine

MICROSOFT ACCESS

Microsoft Access adalah program pembuat aplikasi yang mudah dipelajari, mudah dipergunakan, namun handal dalam operasi. Dan Microsoft masih terus mengembangkan dan menyempurnakan Microsoft Access, dalam setiap versi Microsoft Office yang diproduksinya.
Amazon menyediakan buku panduan untuk mempelajari Microsoft Access, dalam banyak pilihan tingkatan, tersedia buku untuk pemula, user tingkat menengah, user tingkat mahir (advance). Dan aneka materi yang tidak anda dapatkan dibangku kuliah.
Dapat anda temukan buku yang membahas Microsoft Access Project, yang menggabungkan Microsoft Access dengan SQL Server, yang handal. Juga terdapat buku yang membahas koneksi Microsoft Access dengan mesin database selain SQL Server, seperti Oracle dan juga tidak ketinggalan MySQL yang free license.
Terdapat beberapa pilihan buku yang membahas aneka trik pemrograman, mulai dari teknik optimalisasi security, strukturisasi database agar program berjalan cepat, berbagai aplikasi dengan optional device seperti fingerprint reader, barcode reader, serial printer, dan lain sebagainya.
Temukan buku yang anda butuhkan, pada list dibawah ini, dan selamat beraplikasi dengan Microsoft Access.

MICROCONTROLLER (Mikrokontroler)

Dewasa ini lebih dari separuh peralatan kontrol di dunia menggunakan mikrokontroler sebagai otak dari peralatan kontrolnya. Baik peralatan dan mesin industri, peralatan elektrik rumahtangga, peralatan elektrik di perkantoran, sudah menggunakan mikrokontroler.
Para designer hardware dan praktisi hardware yang ingin mendalami pengetahuan tentang mikrokontroler dapat memilih satu dari sekian banyak buku yang dijual via Amazon, yang daftarnya dapat dilihat dibawah ini.
Seluruh buku dilengkapi dengan keterangan bergambar dan panduan praktek. Ditulis oleh praktisi mikrokontroler ternama, seperti: Lucio Di Jasio, John Morton, John H Davies, Myke Predko, Martin P Bates, dan tidak ketinggalan Dhananjay Gadre, praktisi mikrokontroler dari India yang kreatif, dan inspiratif, karyanya berupa proyek robotik dan kontrol, sangat diminati baik didunia edukasi maupun industri.


Friday, May 1, 2009

Meningkatkan Efisiensi Waktu dan Biaya dengan Migrasi dari MS Excel ke MS Access


MS Excel adalah program spreadsheet yang merupakan program standar harian untuk menyelesaikan pekerjaan administrasi yang memerlukan tabel dan database.

Pengertian umum untuk database adalah data serupa yang dikumpulkan sebagai bagian dari transaksi kantor, misalnya: data customer, data supplier, data penjualan, data pembelian, dan lain sebagainya.

MS Excel sebenarnya tidak dipersiapkan untuk menangani database, itu sebabnya data yang ditangani terbatas sampai 65535 baris saja. Solusinya??? Microsoft merilis MS Access untuk menangani aplikasi-aplikasi database.

Beberapa keunggulan MS Access dibandingkan MS Excel:

  1. Data tidak terbatas, yang dibatasi adalah kapasitas totalnya yaitu 2GB, namun hal itu masih dapat diatasi dengan menghubungkan MS Access ke Database Server seperti MS SQL, My SQL, Oracle, dan lain sebagainya. Namun sebagai catatan database 2GB itupun sudah luar biasa besar, umumnya dibutuhkan waktu sangat lama (bertahun-tahun untuk mencapainya), apabila database didesain dengan struktur yang benar.
  2. Interface yang bisa dibuat “user friendly”. User tidak harus berhadapan langsung dengan tabel-tabel, namun bisa dihadapkan dengan form yang tampil bersahabat.
  3. Multi user. Data bisa diisi secara bersamaan oleh beberapa user sekaligus dalam jaringan.
  4. Report (=hasil cetak) bisa didesain sesuai dengan kebutuhan user. Tidak perlu lagi harus blocking print area, copy-paste ke tampilan yang diinginkan, atau pindah-pindah dari satu sheet ke sheet yang lain untuk mengumpulkan data agar bisa ditampilkan secara lengkap di report.
  5. Sorting, Filtering dan Searching (pencarian data), yang lebih cepat.

Sebenarnya masih banyak lagi keunggulan lainnya, namun 5 point diatas adalah, kelebihan utama, dan biasanya merupakan alasan, mengapa user melakukan migrasi ke program database.

Yang jelas pemakaian MS Access dapat mempercepat pekerjaan, memudahkan pelaporan, koordinasi data antar bagian, dan lain sebagainya yang pada akhirnya akan menghasilkan efisiensi waktu dan sumber daya.

Ingin belajar cara penggunaan, design dan trik-trik pemrogramannya, anda bisa menghubungi AstroDigi Didactic via email di email@AstroDigi.com , tersedia berbagai paket belajar MS Access dengan biaya terjangkau dengan pengajar-pengajar berpengalaman.

Dengan mengulas berbagai aplikasi seperti program parkir, stok/inventory, accounting, penjualan, pembelian, marketing, dan lain sebagainya, sesuai dengan paket dan jenjang yang dipilih.

Ayo migrasi ke MS Access :)

No comments:

Post a Comment